Pendampingan Pelaksanaan PTK untuk Guru-guru SDN Kecamatan Mungkid Magelang
Pada tanggal 06 Juni 2015, dosen prodi Pendidikan Sejarah mengadakan pendampingan PTK untuk Guru-Guru SDN di Kecamatan Mungkid Magelang. ...
http://pendidikansejarahusd.blogspot.com/2016/03/pendampingan-pelaksanaan-ptk-untuk-guru.html
Pada tanggal 06 Juni 2015, dosen prodi Pendidikan
Sejarah mengadakan pendampingan PTK untuk Guru-Guru SDN di Kecamatan Mungkid
Magelang. Pendampingan ini dilakukan oleh :
1. Hendra
Kurniawan, M.Pd.
2. Dra.
Theresia Sumini, M.Pd.
3. Yulius
Dwi Cahyono, M.Pd.
Pendampingan ini melibatkan
guru-guru sekolah dasar
se-Kecamatan. Mungkid. Magelang yang terdiri dari SD Negeri Mungkid 1,
SD Negeri Mungkid 2, SD Negeri Blondo 1, SD Negeri Blondo 3, SD Negeri Treko 1,
SD Negeri Bumirejo 2, SD Negeri Rambeanak 2, SD Negeri Paremono 3, dan SD
Negeri Pagersari. Para guru ini diharapkan dapat memperoleh penyegaran dalam
hal pemahaman PTK dan penyusunan proposal PTK. Dengan demikian, para guru untuk
selanjutnya dapat melaksanakan PTK dengan baik dan benar. Dari situ diharapkan
para guru dapat meningkatkan jenjang kariernya. Guru merupakan salah
satu sumber
data manusia
yang
potensial dan berperan penting
dalam menentukan keberhasilan pembelajaran di sekolah. Meski
demikian, bagi pengembangan sekolah,
kualitas guru belum
semuanya memadai.
Kadang-kadang seorang guru harus mengajar di banyak kelas sehingga tidak lagi
memiliki waktu untuk mengembangkan diri. Padahal untuk memenuhi jenjang kepangkatan, seorang guru
harus mengembangkan profesinya.
Pengembangan profesi merupakan kegiatan guru dalam rangka pengamalan
ilmu dan pengetahuan, teknologi dan keterampilan untuk
meningkatkan mutu, baik
bagi
proses pembelajaran
maupun dalam menghasilkan sesuatu yang
bermanfaat bagi pendidikan.
Kegiatan pengembangan
profesi cukup beragam, di antaranya dengan melakukan penelitian di bidang pendidikan, menemukan
teknologi tepat guna dalam bidang
pendidikan, membuat alat peraga, menyusun
karya tulis,
dan mengikuti
kegiatan pengembangan kurikulum.
Penelitian dalam bidang pendidikan yang
terutama bagi seorang guru ialah
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK
atau classroom action research termasuk
dalam penelitian
tindakan (action research). PTK diartikan sebagai kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara
atau aturan atau metodologi tertentu untuk menemukan data
akurat tentang hal-hal yang meningkatkan
mutu objek yang diamati.
Dengan adanya cara, aturan, atau metodologi tertentu dalam pelaksanaan
PTK, maka dibutuhkan pendampingan
bagi guru-guru
SD dalam
menyusun
sebuah proposal PTK. Dosen sebagai pendidik
di perguruan tinggi, khususnya.
LPTK yang
menghasilkan lulusan calon guru, merasa memiliki tanggung jawab pula
untuk memberikan bimbingan bagi guru-guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan
PTK.
Sebagai
sebuah langkah awal, maka diselenggarakan kegiatan
pengabdian
berupa pendampingan penyusunan proposal PTK bagi guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Mungkid Magelang. Pendampingan
ini dimulai dengan seminar mengenai
PTK kemudian dilanjutkan
dengan konsultasi dan
diskusi penyusunan
proposal PTK. Diharapkan setelah kegiatan pendampingan
ini, setiap peserta memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai seputar PTK. Selain itu juga
dapat semakin memantapkan proposal PTK yang mereka susun sehingga dapat
dilaksanakan dalam
sebuah penelitian
nyata.
Program ini direncanakan akan diteruskan dalam kegiatan
selanjutnya yaitu
pendampingan dalam penyusunan laporan
PTK. Kegiatan
tersebut akan
dilaksanakan setelah proposal-proposal yang diajukan oleh para guru disetujui
oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga di unit masing-masing. Kegiatan ini harus dipisahkan karena nantinya belum tentu semua guru yang
mengajukan
proposal dapat
diterima untuk dilaksanakan. Pendampingan lanjutan ini akan dilaksanakan dalam
program pengabdian
selanjutnya pada bulan Oktober 2015.