Menelisik Peranan Mahasiswa

Oleh : Kristoforus Bagas Romualdi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sanata Dharma Dimuat di Koran Sindo 07 April...


Oleh : Kristoforus Bagas Romualdi
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah,
FKIP, Universitas Sanata Dharma
Dimuat di Koran Sindo 07 April 2016

Sejarah panjang perjuangan pemuda dan mahasiswa dalam dinamika yang terjadi di Indonesia menunjukkan betapa pemuda dan mahasiswa begitu bertanggung jawab dan mempunyai semangat juang untuk terus berpihak pada kepentingan rakyat.

Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, pemuda dan mahasiswa terus berusaha agar rakyat Indonesia tidak hidup dalam ketertindasan. Karena itu, bisa dilihat betapa peranan pemuda dan mahasiswa sangatlah penting untuk kemajuan bangsa yang kita cintai.

Meski zaman telah berubah, bukan berarti pemuda dan mahasiswa turut mengubah perilakunya dan hanya peduli dengan dirinya sendiri. Biar bagaimanapun, menjadi mahasiswa berarti mempunyai tanggung jawab sosial terhadap rakyat Indonesia. Pemuda dan mahasiswa mempunyai tanggung jawab untuk ikut mewujudkan kehidupan yang sadar hukum.

Pemuda juga harus berperan dalam melakukan perubahan di berbagai bidang kehidupan rakyat dengan melaksanakan fungsi monitoring, terutama tentu dalam mengawasi kebijakan pemerintah. Tulang punggung untuk perubahan tersebut memang ada di tangan pemuda terutama mahasiswa.

Saat ini, era yang berbeda, mahasiswa bisa berperan dalam membangun proyek kebangkitan bangsa dengan mengisi pembangunan seperti melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah dan pengabdian pada masyarakat. Mengisi pembangunan misalnya belajar dengan baik di kampus ataupun membuat suatu penelitian-penelitian yang bisa menjawab persoalan yang belum bisa dijawab pemerintah.

Melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah berarti mahasiswa harus berada pada garda terdepan ketika pemerintah maupun nonpemerintah mengeluarkan kebijakan yang menyudutkan rakyat Indonesia. Mahasiswa juga harus melaksanakan pengabdian masyarakat dengan turut serta dalam pembangunan desa.

Tentu hal itu agar desa bisa segera mengalami kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, terutama bidang ekonomi. Dengan memahami secara bijak peran mahasiswa, kebangkitan dan kemajuan bangsa ini tidak akan butuh waktu lama untuk kita raih. Mahasiswa harus memiliki semangat juang yang tinggi dalam mengoptimalkan kemerdekaan.

Dengan begitu, mahasiswa Indonesia menjadi mahasiswa yang tidak hanya sekadar menyuarakan aspirasinya, tetapi juga memberikan tindakan nyata guna membantu pemerintah dalam memajukan bangsa ini.






Sumber : Sindo Online

Related

Opini Mahasiswa 6463778322128320095

Post a Comment

emo-but-icon

Form Update Data Alumni Semua Angkatan

ALT/TEXT GAMBAR

Facebook Page

item